Resensi Buku : Bencana Finansial

Picture1

Segala sesuatu pasti berubah, hanya satu hal yang tidak pernah berubah yaitu perubahan itu sendiri, begitu kutipan dari J.M Keynes. Hal tersebut membawa kita menyadari bahwa perubahan adalah keniscayaan, begitupun dengan kondisi perekonomian. Masterpiece karya A. Prasetyantoko membawa kita mengenal lebih dalam mengenai gelombang pasang surut perekonomian dengan indikator instabilitas finansial dan krisis ekonomi.

Dibuka melalui kata pengantar oleh Kwik Kian Gie, dengan pernyataannya yang menarik yaitu ekonomi tidak akan bisa tumbuh tanpa batas. Bahasan dari buku ini diawali dengan konteks krisis dan stabilitas penelitian, diikuti oleh berbagai perspektif teoritis dari berbagai ahli seperti Schumpeter, Keynes, Minsky, dll dan mengaplikasikannya pada berbagai kajian empiris yaitu krisis “Subprime Mortgage” dan krisis Asia.

Pembahasan pada buku ini disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti terutama bagi akademisi dan peneliti muda dengan hipotesis dan pendekatan melalui data-data valid sehingga pembaca mendapatkan pemahaman yang cukup padat dan memadai.

Judul Buku : Bencana Finansial (Stabilitas Sebagai Barang Publik)
Pengarang : A. Prasetyantoko
Tebal : 310 Halaman
Penerbit : PT Kompas Media Nusantara

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: