Uji F / F-Test Regresi Berganda (SPSS With Excel Formula)

Secara umum, terdapat 2 (dua) bagian pada uji hipotesis menggunakan metode Regresi Berganda (Multiple Regression Analysis), yaitu uji pengaruh simultan (F-Test) dan uji pengaruh parsial (t-Test). Pada pembahasan ini, akan diilustrasikan tahapan uji pengaruh simultan (F-Test) dengan memanfaatkan SPSS dan Formula pada Ms. Excel

Uji Pengaruh Simultan (Uji F). Merupakan analisis untuk menguji signifikasi variabel independen (bebas) secara simultan (bersama-sama) terhadap variabel dependen (terikat). Indikator yang digunakan untuk analisis Uji F melalui perbandingan nilai F Tabel dan F Hitung juga melalui nilai signifikansi yang dihasilkan.

Pada ilustrasi ini, akan dikombinasikan penggunaan SPSS (versi 20) dan Ms. Excel. Data mentah dapat disajikan pada format berikut. Input

1) Input data pada SPSS dengan memindahkan data pada Ms. Excel.

P_Feb_08_16

2) Pilih Menu Analyze → Regression → Linear

P2_Feb_08_16

3) Pada kotak dialog Linear Regression, pindahkan variabel independen yang akan diujikan dan variabel dependen yang akan diujikan.

P3_Feb_8_16

4) Pilih menu Statistic, lalu klik semua options sesuai petunjuk. Klik Continue → OK

P4_Feb_08_16

5) Maka tampilan Output Uji F sebagai berikut

P5_Feb_08_16

Membaca hasil Uji F (F Test) dapat diidentifikasikan melalui kotak Anova, kolom F dan Sig. Nilai pada kolom F disebut dengan “F Hitung” yang dihasilkan melalui pengolahan tools SPSS. Untuk mendapatkan sebuah kesimpulan, maka nilai F Hitung harus dibandingkan dengan “F Tabel”. Pada pembahasan ini, akan dilakukan pencarian nilai “F Tabel” menggunakan tools Ms. Excel.

1. Buka program Ms. Excel

2. Ketikkan perintah / formula / rumus seperti ilustrasi di bawah ini. Lalu Enter

P6_Feb_08_16

Probability sebesar 0,05, deg_freedom 1 = 2, deg_freedom 2 = 151

3. Didapatkan nilai F Tabel sebesar 3,055. Artinya F Hitung sebesar 8,354 > 3,055, disimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara variabel independen secara simultan terhadap variabel dependen.

Dengan memanfaatkan tools Ms. Excel, peneliti dapat dengan mudah dan cepat menentukan nilai dari F Tabel dibandingkan jika harus mencari secara manual (biasanya dilampirkan pada buku-buku statistik atau ekonometrik).

Selamat Mencoba Teman-Teman……………………………………………………..

 

Advertisements
Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: