Uji Asumsi Klasik menggunakan EViews Part 1

asumsi klasik

Uji Asumsi Klasik merupakan tahapan yang harus dilalui suatu persamaan/model ekonomi untuk mencapai persamaan Best Linier Unbiased Estimator (BLUE). Uji Multikolinearitas, Autokorelasi, Heteroskedastisitas, dan Normalitas merupakan bagian-bagian pada uji Asumsi Klasik. Pada pembahasan ini digunakan alat analisis EViews 7.2 untuk menganalisis uji Asumsi Klasik.

Data yang digunakan merupakan bentuk transformasi menggunkan formula excel yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya. atl 2

1). Buka program EViews 7.2

2).Tahap input data menggunakan EViews dapat dilihat pada pembahasan sebelumnya.            Berikut adalah persamaan yang akan dianalisis.

150316

3).Setelah dilakukan analisis regresi berganda (silahkan lihat pada pembahasan                          sebelumya), berikut adalah output yang dihasilkan.

1503161

4). Untuk menguji Multikolinearitas data, klik View → Coefficient Diagnostic → Variance           Inflation Factor

1503162

5). Untuk menguji Normalitas data, Klik View → Residual Diagnostics → Histogram –                   Normality Test

1503163

6). Berdasarkan kedua uji tersebut (Multikolinearitas dan Normalitas) berikut adalah                   Output yang dihasilkan.

1503165

Output Uji Multikolinearitas

1503164

Output Uji Normalitas

  • Untuk mengidentifikasi nilai pada Uji Multikolinearitas, dapat dilihat melalui nilai Centered VIF. Nilai VIF untuk masing-masing variabel sebesar 1,092 menunjukkan bahwa model persamaan lulus uji multikolinearitas. Hal tersebut dikarenakan nilai VIF harus lebih kecil dari 10.
  • Untuk mengidentifikasi nilai pada Uji Normalitas, dapat dilihat melalui nilai Probability Jarque – Bera (JB). Nilai Prob. JB sebesar 0,140 menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hal tersebut dikarenakan nilai Prob. JB harus lebih besar dari 0,05.

Demikian pembahasan untuk Part I, selanjutnya akan dibahas uji Autokorelasi dan Heteroskedastisitas. Selamat Belajar Teman-Teman

Advertisements
Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: