Text Mining – Twitter – Pokemon Go Indonesia

pokemon go 2

Pokemon Go, game yang sedang populer di kalangan para android gamer. Tentu banyak yang telah mencoba permainan ini atau sekedar mengetahuinya. Banyak pula topik yang dibahas melalui twitter seputar game ini.

Pada post kali ini, kami akan membahas hasil text mining yang kami lakukan mengenai Pokemon Go Indonesia dengan data yang diambil dari twitter. Teknik text mining ini akan mengekstrak kata-kata dari twitter yang terkait dengan Pokemon Go Indonesia. Pembahasan lebih detail mengenai text mining dan tahap pengambilan data dari twitter untuk dianalisis akan diberikan pada posting selanjutnya.

Berikut dijelaskan secara ringkas mengenai text miningtools yang digunakan, dan tahapannya.

Text mining merupakan salah satu bentuk data miningData mining sendiri merupakan salah satu teknik menggali pengetahuan (knowledge) dari banyaknya data yang ada saat ini dimana kita hidup di dunia teknologi yang tenggelam dalam data (penjelasan data mining lebih rinci klik disini). Jadi, pada text mining kita menggali pengetahuan dari data yang berbentuk teks. Di sini data teks kita ambil dari twitter dan diproses menggunakan sebuah text mining tools yaitu R Studio dengan bahasa pemrograman R.

Data twitter diambil dengan menggunakan fungsi di bawah ini, dimana kita memasukkan kata sebagai filter topik pada twitter yaitu “pokemon go indonesia” dan jumlah data yaitu n = 2000.

tweets=searchTwitter(“pokemon go indonesia”, n = 2000)

Hasilnya dapat dilihat pada wordcloud berikut ini.

pokemon go result

Kata-kata tersebut mewakili 2000 data twitter yang dilakukan text mining. Ukuran kata mewakili jumlah data yang muncul pada data yang dianalisis. Data diambil pada tanggal 17 Juli 2016 dimana Pokemon Go sebenarnya belum resmi dirilis di Asia termasuk negara Indonesia di dalamnya. Terkait hal ini, ada salah satu twit “lucu” yang mewakili wordcloud di atas.

Pokemon Go is strangely working in one Asian country: Indon… https://t.co/PmWSFDvCyn | https://t.co/vn8MPGOMGm https://t.co/TxRnccoJKW

Gunakan aplikasi dengan bijak. Bermainlah namun berhati-hatilah, karena game ini sebenarnya belum resmi dirilis di Indonesia. Selamat bermain… :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: